Rabu, 25 April 2012

"Amadeus Altea", Layanan Penumpang Terbaru Garuda Indonesia


JAKARTA - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk akan menggunakan sistem layanan penumpang Passenger Services Systems (PSS) “Amadeus Altéa”. Hal ini terungkap saat maskapai plat merah ini menggandeng Amadeus IT Group, S.A perusahaan penyedia solusi IT tercanggih untuk dunia travel dan industri pariwisata, Jumat (20/4/2012).
VP Corporate Communications Garuda Indonesia, Pujobroto menyatakan kerjasama ini merupakan salah satu upaya Garuda Indonesia dalam meningkatkan layanan bagi pengguna jasa, serta sejalan dengan pelaksanaan program pengembangan perusahaan – Quantum Leap Program. Kerjasama ini juga sebagai upaya persiapan Garuda untuk bergabung dengan aliansi global “SkyTeam”.

Direktur Pemasaran dan Penjualan Garuda Indonesia M. Arif Wibowo mengatakan bahwa implementasi sistem “Amadeus Altéa” di Garuda ini merupakan salah satu langkah besar Garuda dalam program transformasi bisnis yang sedang dilaksanakan.

“Seiring dengan pengembangan armada, perluasan jaringan/rute, dan peningkatan jumlah penumpang maka memperkuat infrastruktur IT dan penggunaan teknologi mutakhir merupakan satu hal yang harus dilakukan Garuda. Implementasi sistem “Amadeus Altea” ini juga sebagai upaya persiapan atas rencana bergabungnya Garuda dengan SkyTeam,” Arif menjelaskan.

Sementara itu, Vice President Airline Group Amadeus Asia Pacific mengatakan keberhasilan transformasi bisnis dan perkembangan Garuda Indonesia sejak beberapa tahun ini merupakan suatu kisah sukses di Asia Pasifik.

“Kami sangat senang Garuda telah menjadi salah satu maskapai besar di Asia Pasifik yang menggunakan Amadeus Altea. Sistem ini akan memungkinkan Garuda untuk meningkatkan sistem layanan penumpangnya antara lain sistem reservasi, check-in, penanganan penumpang di bandara, serta otomatisasi dari berbagai sistem yang ada. Sistem ini akan mendukung Garuda untuk semakin siap bergabung dengan aliansi global SkyTeam”.

Seperti dijelaskan, bahwa aplikasi sistem “Amadeus Altéa” ini akan menggantikan sistem reservasi Garuda saat ini (ARGA) yang sudah digunakan sejak tahun 1990. Rencana pelaksanaan implementasi sistem ini nantinya akan melalui beberapa fase dan berlangsung selama 18-24 bulan. Proses ini juga akan meliputi pelatihan-pelatihan bagi staf-staf yang akan menangani reservasi, pengintegrasian lebih dari 36 sistem, dan migrasi data untuk lebih dari 12 juta pembukuan yang ada.

Sistem Amadeus Altéa merupakan system layanan penumpang - “Passenger Services Systems (PSS)”-  milik Amadeus dengan sistem IT mutakhir yang mengedepankan fleksibilitas, efisiensi dan dapat diupgrade dengan cepat dan mudah. Sistem ini terdiri dari beberapa program yang terintegrasi secara penuh seperti program pembukuan/reservasi (domestik maupun internasional), data inventori, Altéa Departure Control System sistem yang digunakan dalam proses check-in, pengaturan bagasi (weight & balance system), data ketersediaan tempat duduk, pengaturan tempat duduk, jadwal penerbangan, hingga profil penumpang dan frequent flyers.

Sistem ini juga merupakan platform sistem yang digunakan oleh maskapai-maskapai penerbangan di aliansi global “Sky Team”, sehingga sistem Garuda akan terhubung (connected)  dengan maskapai penerbangan anggota SkyTeam lainnya seperti KLM, Air France, TAROM, Air Europa, Czech Airlines, MEA dan lain - lain.
Melalui sistem “Amadeus Altéa” ini, sesama anggota global alliance akan dapat saling berbagi informasi/data mengenai ketersediaan tempat duduk, tarif, pembukuan, layanan ground handling, through check-in hingga layanan frequent flyers dari tiap-tiap maskapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar