Senin, 15 Oktober 2012

Garuda Operasikan Bombardier CRJ 1000 NextGen di Makassar


Garuda Operasikan Bombardier CRJ 1000 NextGen di Makassar
Pesawat Bombardier CRJ 1000 NextGen yang dioperasikan Garuda Indonesia untuk menerbangi sejumlah rute antar pulau di Indonesia dan tingkat regional.
TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR PT Garuda Indonesia Tbk mulai memperkenalkan pesawat terbarunya Bombardier CRJ 1000 NextGen. Pesawat ini akan dioperasikan di hub Makassar, Balikpapan, Medan, dan Surabaya untuk dukung pengembangan wilayah Indonesia timur dan Barat.
Pesawat yang diproduksi oleh Bombardier, Kanada dan memiliki kapasitas sebanyak 96 kursi (12 kelas bisnis, 84 kelas ekonomi) tersebut tiba di Jakarta 10 Oktober lalu. Pesawat tersebut akan melayani rute -rute jarak pendek dengan density tinggi.
Pesawat pertama dari 18 pesawat yang telah dipesan oleh Garuda tersebut nantinya akan melayani penerbangan dari HUB Makassar ke beberapa kota di wilayah Indonesia Timur diantaranya rute Makassar – Ternate (pp), Makassar – Mataram (pp), Makassar – Kendari (pp), Makassar – Surabaya (pp), Surabaya – Denpasar (pp),Surabaya - Bandung,  Balikpapan - Singapore (pp), Medan - Penang (pp). Selanjutnya, pesawat tersebut juga akan melakukan kota – kota potensial lainnya dari hub Medan, Balikpapan dan Surabaya.
Dalam sambutannya, Menteri Perhubungan RI, EE Mangindaan menyambut baik dioperasikannya pesawat Bombardier jenis CRJ1000 NextGen tersebut. “Pengoperasian pesawat ini dari HUB Makassar untuk melayani penerbangan ke kota-kota di wilayah Indonesia bagian timur, tentu saja akan semakin meningkatkan konektivitas kota-kota dalam wilayah ini dan dengan wilayah lainnya di Indonesia. Upaya ini tentunya juga akan mempercepat pengembangan wilayah ini sesuai program MP3EI khususnya  “Koridor Ekonomi Sulawesi”," kata Mangindaan.
Direktur Utama Garuda Emirsyah Satar mengatakan, pengoperasian pesawat melalui hub Makassar, Balikpapan, dan Medan, selain sebagai bentuk dukungan Garuda terhadap program MP3EI, juga sebagai upaya Garuda Indonesia untuk mempermudah penumpang di kota- kota di wilayah/region ini untuk melakukan perjalanan bisnis secara cepat dan lebih efisien.
"Pesawat ini nantinya akan semakin meningkatkan konektivitas antar kota- kota di wilayah ini (melalui HUB Makassar) sehingga penumpang tidak perlu lagi transit di Jakarta. Pengoperasian pesawat ini juga akan semakin memperkuat jaringan/network penerbangan Garuda secara keseluruhan,” ujar Emir.
Garuda memesan sebanyak 18 pesawat serta opsi 18 pesawat tambahan jenis CRJ 1000 NextGen dengan Bombardier Aerospace, perusahaan pembuat pesawat asal Kanada. Melalui kontrak ini nantinya Garuda Indonesia akan memiliki sebanyak 36 pesawat Bombardier CRJ1000 NextGen.
Hingga akhir tahun ini Garuda Indonesia akan menerima lima pesawat, dan sisanya, tujuh pesawat akan diterima pada tahun 2013, dan enam pesawat lainnya akan tiba pada tahun 2014 dan tahun 2015. Pesawat CRJ 1000 NextGen mulai dipasarkan pada tahun 2010, dan terkenal dengan kehandalan, biaya operasional dan konsumsi bahan bakar yang efisien, dan kapasitas penumpang yang optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar